Rabu, 04 Maret 2015

I'm (no longer) a couch potato!

Haiii, double post for today :3
Gue selalu pengen punya badan tinggi semampai, atau gak usah muluk-muluk deh, sehat dan enak dipandang. Dan itu juga udah jadi target gue sejak tahun 2014 kemarin.
Jadi, banyak yang nanya ke gue akhir-akhir ini soal tips diet dan workout yang gue lakukan dua bulan terakhir. Dari situ, gue berniat sharing disini aja deh :D

So, kalau terhitung sejak pertama kali gue rutin workout itu, berarti sekarang udah masuk minggu ke- 9!
An amazing 9 weeks I've passed so far. Perbedaan tubuh gue memang nggak mencolok banget since gue dilahirkan bantet dan bertipe gen Endomorph, gue bertekad untuk merubah gen gue. tsaaah~
Tuh, udah jelas banget kan? Gue itu gampang nambah lemak, susah kurus, tapi mudah nambah otot. So, daripada gue terobsesi jadi kurus ceking kayak berbi, mending gue berjuang ngurangin lemak dan membangun otot, yosh!

Jadi, awalnya cuma wacana iseng aja pas gue tau di perumahan si Oche, ada club house dengan fasilitas kolam renang dan gym. Gym nya sepi banget! jadi setiap kali kita kesana itu yang make cuma kita berdua. Kayak gym pribadi lah hahaha!
Then, we commited to change our lifestyle and challenge ourselves.

Gue minggu pertama bener-bener fokus ke cardio dan lupa kalo harus diimbangi weight training. Lumayan sih, cardio bikin berat gw susut banget dari 55 kg ke 50 kg. Dan sekarang berat gue stay di 50kg, masih ada 5 kg yang harus gue turunin untuk mencapai berat idaman gue hehe.

Akhirnya masuk minggu ketiga, gue kombinasiin latihan gue dengan angkat barbel dan weight training kayak bench press, butterfly press, upper arm lift gitu gitu deh. Disitu baru berasa banget kalo emang badan gue responnya AMAT SANGAT baik dalam pembentukan otot.

And the proceed berjalan selama 7 minggu. Oiya, selama 7 minggu itu gue nggak membatasi makan gue. Gue berhenti makan goreng-gorengan dan apapun yang berminyak jenuh. Gue lebih banyak makan sayur dan protein kayak telur rebus, telur setengah matang, ayam rebus, sop, gitu gitu. Kalau lagi senggang gue selalu minum air putih. Dan gue terbiasa skip sarapan, gue tetep bisa function meski gak sarapan. Dan sekarang gue rutin makan pisang buat dopping kalau lagi lari dan futsal :D

Pagi : Skip sarapan. Bangun tidur minum dua gelas air hangat.
Siang : Makan siang jam 12, porsi karbo dikurangin, banyakin protein dan sayur.
Sore : Biasanya pulang sekolah cuma nyemil buah trus berangkat ngajar atau gym
Malem : diatas jam 6 gue udah ga makan. Cuma minum teh pait atau terkadang Yogurth aja.

Olahraganya : seminggu 3x gym (kardio 1 jam, weight training 1 jam), renang seminggu 1x, futsal (olahraga favorit gue haha) setiap Malem Minggu 3 jam (5pm - 8pm), lari di Veldrum 30 menit. 

Karena gue juga suka dance, gue selingin dance dance gampang kayak hip hop gitu. Tadinya mau ikut kelas zumba tapi belom sempet hhuhu :(
week 9


my body, 60 kg, February 2014



Dan akhirnya, setelah gue merasa stuck dengan BB gue yang stabil di 50-51 kg aja, gue mulai coba OCD dengan serius. Apa itu OCD? OCD adalah Obsessive Corbuzier's Diet yang dipopulerkan mentalist Indonesia, Deddy Corbuzier. Informasi lengkapnya bisa dibaca di Apa Itu OCD? (mager jelasin hehe)

Next, awalnya gue gak gitu yakin buat join OCD ya karena takut merubah pola diet gue yang udah gue jalanin 7 minggu belakang. Diet gue memang berhasil, tapi lagi di posisi stuck BB. So I hit myself "coba aja dulu, gratis ini programnya dan mudah, kalau gagal tinggal balik lagi ke progra lama".

Dimulailah petualangan OCD gue pertama kali Hari Minggu, 1 Maret 2015. Gue coba jendela makan langsung yang 6 jam karena 8 jam mah anak kecil juga bisa. Skip breakfast kan? Gue gak merasa pusing (padahal Selasa gue try out MTK!) dan merasa fit fit aja. Laper engga, kenyang engga. Menjelang jam 11 itu berasa kruyuk kruyuk. Gue banyakin minum trus gue lakuin O7W hehe.

OCD gue berjalan lancar dan santai tuh. Gak ada keluhan apa apa. Anehnya, ketika OCD, perut gue emang flabby, gak se flat ketika lagi diet ala gue, sempet panik kan... tapi pas gue cubit perut gue, lipetan bandel itu terasa agak keras, gak se lembek ketika belum OCD.

So, I assume, itu emang proses alamiah ketika lemak dibakar, lemaknya sedikit demi sedikit di bakar, jadinya kulit gak bergelambir kan, nah yang agak flabby dan keras itu otot abdomen gue (posthink!)


Meski Deddy bilang, We can eat whatever we want, gue tetep percaya kalo clean eating itu salah satu faktor sukses pembentukan otot. Percuma diet tapi makannya sampe nimbun kalori lebih dr kalori seharusnya dan gak dijaga. I love tasty food, but I stay on my zone. Let's see how OCD effects on me. Bakal update terus :D

Menu makanan gue selama OCD

Jendela makan 6 jam. Breakfasting jam 1 siang
Jam 1 : minum air putih 2 gelas, nasi 1 centong+sayur apa aja+tempe+telor
Jam 4 : Nyemil pisang atau buah sama minum jus
Jam 6 : sebelum jam makan ketutup, minum teh dan kentang rebus+ telor setengah mateng

Yang terpenting itu tetep harus ada olahraga! wajib! Dan inget, nggak ada hasil yang instan :)
So, segini dulu aja deh, masi nunggu otot otot nongol di badan gw wkwkw

Cheers,



Nyoron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar