Kamis, 11 September 2014

Hiking ke Papandayan bersama Bikin Jejak

step by step to heaven

Tanggal 5-7 September 2014 kemarin, gue memulai penanjakan perdana gue. Dalam arti, ini penanjakan yang well organized dan bukan sekedar jalan-jalan lucu tanpa bawa carrier kayak ke Gunung Bunder dan Salak II kemarin. Gue berangkat bersama 24 orang lainnya dalam rombongan yang dipandu Kak Abi, temen lama gue. Dia nge broadcast soal trip ini atas nama Bikin Jejak, komunitasnya, dua minggu sebelum hari H. It cost 280rb and I instantly found a way to collect thus money less than two weeks. Alhamdulillahnya sih, ada masukan uang dari menang lomba poster di 61 J

Jumat, 5 September 2014
Pulang sekolah, gue langsung packing karena jam 8 gue harus udah di terminal bis Kampung Rambutan. Checking all my personal stuffs, then went ahead to meeting point.

Sampe meeting point, hujan gede. Telat lah gue sampe lokasi dan ternyata bukan gue doang yang telat. Dari 25 orang, yang baru ngumpul cuma 3 orang yaitu Bang Ipo, Mas Sigit, sama sodaranya. Jam setengah 9 dan baru 4 orang, ini sih namanya ngaret bangettsss. Jadilah gue neduh sebentar sambil sebats. Sebats, dubats, tibats, lama lama abis dah. Satu persatu rombongan dateng dan kita ngumpul di jembatan penyebrangan sekalian neduh. Ternyata malam itu ada grup rombongan lain yang akan menuju ke Gunung Ciremai punya temen Kak Abi, Mang Deden.

Satu persatu berdatangan. Bang Qin, Bang Abi, Kak Privi, Kak Nadilla, Bang Dhanis, Kak Berlin, Kak Arif, Kak Arra, Diah dan Kenny, Kak Ros sama temennya, Rombongan Malang Mas Adhi, Kak Dimas dan Kak Iffa, dan lain lain... Abis makan malem sedikit, badan mulai anget, bibir udah ngepul lagi, rombongan udah siap kayaknya. Ternyata sisa satu orang terngaret, Kak Chakra. Setelah semua kumpul kita berdoa dan jalan deh.

Bis berangkat jam 12.05 dari terminal Kampung Rambutan. Harusnya sih gue ajak Virza (alumni SMK 40, anak murid Pak Bams) bareng, Cuma gak ketemu dan susah sinyal. Gue juga harus irit batere. Total perjalanan Jakarta – Garut malem itu 6 jam.

Sabtu, 6 September 2014

Jam 6.30 bis gue mendarat dengan selamat di Terminal Pasar Induk Garut. Cuaca gunung yang dingin langsung menyambut muka gue setelah semaleman pegel mampus tidur di bis. Heran gue sama yang bisa tidur di dalem bis. Sampe di terminal, kita dikasi kesempatan sarapan pagi, cuci muka, pipis, boker, update status di Path, telepon sanak saudara, dan sebagainya asal kita senang.

Jam 7 kita naik ke angkot yang di carter buat ngebawa kita ke atas sebelum di oper naik pick up. Perjalanannya sekitar 1 jam dan setelah itu kita pindah naik pick up. Pick up men! Semacam gue sapi potong aja lah. Di pick up gue akhirnya ngerasain bumpy bumpy ride yang cihuy sebelum sampe di pos pertama alias Camp David. Cek lagi perlengkapan, lanjut sebats, isi perut lagi, terus kita berdoa dan memulai pendakian!

Oiya, gunung Papandayan ini termasuk gunung yang enteng dan bagus buat pemula. Apalagi, lokasinya deket sama Jakarta. Dengan ketinggian 2665 mdpl, trek yang banyak “bonusan” bikin kita ngga bakal terkuras banget lah tenaganya, apalagi yang pemula. Tapi, berhubung gue punya riwayat asma, gak enak banget ketika udah sampe di ketinggian sekian yang bikin gue sesek nafas. Orang lain pas break helaan nafasnya gak selebay gue yang macem orang sekarat.

Sejam pertama pendakian kita bakal melewati bebatuan dan melihat Kawah Papandayan, kawah belerang yang kece abez.  Ternyata Papandayan ini bisa dikategorikan sebagai gunung berapi tidur. Selesai lewatin medan berbatu, kita sampai di Goberhut, warung gitu buat istirahat. Lanjut jalan lagi ngelewatin padang rumput kecil trus baru deh lewatin jalan sempit yang nanjaknya dahsyat banget. Gue istirahat ngga kehitung di trek ini. Cape banget.

Sampailah kita kemudian di Pos II. Setelah lapor, jajan baso ikan, lanjut naik lagi ke pemberhentian akhir sebagai tempat nge camp kita. Pondok Salada. Energi gue udah mau semaput banget pas nanjak ke Pondok Salada meski udah di doping make susu dan madu.

Finally, sampailah di Pondok Salada. Istirahat sebentar lalu tim panitia membangun tenda. Ada oleh-oleh kenangan dimana Kak Abi kehilangan satu tenda. Entah tendanya hilang dimana tapi ya intinya sore itu kita cuma ada enam tenda. Gue solat, sebats lagi (disini dosis sebats gue gak tanggung-tanggung. Dingin men!), trus tidur siang sebentar. Oya di tenda gue kebagian bobok sama Kak Sofyan dan cewenya Kak Diah. Awalnya Cuma tiduran capek eh ketiduran beneran. Bangun boci, udah ada Kak Ifa dan cewe lain yang nyiapin makanan. Pada goreng tempe, mi, dan banyaklah. Gue makan berdua Kak Arif.

Selesai solat Ashar dan pipis (ngantri pipisnya 30 menit men) kia jalan-jalan sore ke padang edelweiss deket camp. Foto-foto trus malemnya cari kayu bakar. Gue udah make baju 4 lapis termasuk jaket, sarung tangan, sama kaos kaki 3 lapis aja masih gak mempan ngelawan dingin. Ah, efek hati kopong juga nih keknya :p. #digampar

Minggu, 7 September 2014

Malem itu gue tidur cepet. Jam 8 udah tepar. Tidur ayam sih sebenernya. Dingin banget gilaaaaaaa. Suhunya sekitar 10 derajat kali. Udah make sleeping bag tetep gak mempan. Mana gue di tenda Cuma bertiga. Kak Kenny sama Diah pelukan, gue dapet sisaan doang #huft. Ternyata jam 10an anak anak pada main UNO dan masak. Boro-boro gue mikirin makan, keluar sleeping bag aja ogah. Sempet menggigil gue jam 2 pagi. Daaaaan, pas gue bangun jam 2 pagi, kondisi camp mulai tenang. Gak terlalu berisik. Langit baru keliatan cantiknya. Gue pipis trus balik bobo lucu. Sebelum bobo, mari minum minum dulu sedikit biar anget. Jangan kebanyakan, ntar kobam.

Di tenda, gue tidur ayam lagi. Berharap dapet imbas anget pelukan pasangan sebelah kanan gue. Jam 5 kurang dibangunin sama suaranya Kak Nadilla buat liat sunrise. Abis itu gedor-gedor tenda Kak Abi. Actually, kita udah telat buat liat sunrise. Tapi, berhubung kata Kak abi ke Hutan Mati Cuma 15 menit yaudin. Jalan-jalan kita jam 5.15 dan sampe Hutan Mati 5.30

Pemandangannya? Epic!!

Sunrise di Hutan Mati

my new family!

Turun dari Hutan Mati, sarapan sedikit dan ketemu angkatan orang-orang sleepyhead. Setelah itu kita siap-siap berangkat ke Tegal Alun, padang edelweiss yang ada di puncak. Jam delapan kita berangkat naik. Perjalanan ke Tegal Alun ini keparat banget serunya. Make acara kesasar, ngedaki batu-batu yang lumayan curam. Pokoknya epik deh. Kebayar semua rasa capek, kesasar, ngantuk, pegel pas ngedaki. Apalagi pas kesasar, kita jatuhnya menlintasi satu puncak. Hahaha.

Tegal Alun saatnya foto foto sampe puassssss!

Ceng-cengan, ketawa-tawa, foto-foto. Lengkap deh. Hepi banget gue.

Turun dari Tegal Alun, dihadapkan pada kenyataan kalau siang ini kita bakal back to hopeless city. Kita turun gunung jam 2 siang dan sampai terminal algi jam 5.30 sore. Bis berangkat jam 6 dan sampailah kita di terminal Kampung Rambutan lagi jam 12 malem! Heheh

Tegal Alun, the edelweiss field

my fav's shot!

tent's mate. Kak Sofyan dan Kak Diah

Till next trip ya, my new little family J