Kamis, 12 April 2012

Sharing Etika Cosplay (no hard feeling)

yep, ini note dari facebook cosplay gue. karena banyak feedback positif (yg tadinya gue khawatir feedback cacian) gue iseng post di blog deh. so guys, especially cosplayer please read this. no hard feeling just sharing :)

Moshi Moshi minna san :)Saya Youran. cuma mau sharing aja nih ttg cosplay.Saya mulai cosplay itu JASFEST 1 2011 lalu. Emang belom lama cosplay sih dan lagi vakum menuju UN. Selama vakum, banyak banget perkembangan di dunia cosplay terutama di lingkup regional Jakarta. Banyak acara acara yg udh memakai jasa cosplayer, kuis dan lain lain. Perkembangan nya pesat dan bagus banget kayak zaman cosplay dulu juga booming tahun 2005-an (kalo ga salah pas Animonster Sound ya?)Banyak new comers di cosplay Jakarta. Sekedar iseng,nyalurin hobi,dan juga buat bisnis sambil ajang narsis. So far baik baik aja. Cuma makin lama diperhatiin kok makin lama kayak ada yang kurang sreg ya? o-o)

Kita mulai dr masalah transaksi. Saya sering liat compalin d grup ttg banyaknya blacklist OL shop yang menjual keperluan cosplay spt wig,boots,form,weapon,etc. Banyak penipuan, penggelapan uang kostumer,dan keterlambatan lainnya. Seharusnya hal hal seperti ini bisa diantisipasi dengan memastikan kualitas OL shop. Kalau bisa pilih maker cosplay yang sudah terkenal,aman,dan terpercaya agar terhindar dari hal tidak diinginkan. Kita juga perlu wadah misalnya notes,pages,atau apapun untuk mendata whitelist cosplay olshop dan juga kerjasama cosplayer yg sudah lumayan veteran memberi info yg baik dan jelas serta bertanggung jawab ttg rekomendasi bagi new comers untuk membeli apps cosplay.

Kedua, ttg etika bersaing antar olshop. Memang kita boleh saling berlomba lomba mempromosikan toko kita. Meng up,repost dll. Tapi masih dalam batas yang wajar. Olshop yg etika sebaiknya tidak terlalu banyak mng-up post nya, repost berulang ulang karena akan mengganggu dan meneggelamkan post yg lain. Juga tentang melaporkan olshop yang beda harganya cuma 5ribu dr olshop dia. Bahkan ada yg terobsesi bilang "olshop itu mahal amat gue aja murah styling cuma sekian" . Ya, kan orang mau ambil rezeki dan untung beda beda. Kita gabisa narik kesimpulan kalo dia lagi riba dong? Bisa aja dia emg matok harga segitu diimbangi dengan kualitas. Tinggal pintar-pintar kita mau milih yang mana.

Ketiga, etiket phoses dalam cosplay. COSPLAY IS FOR FUN! I admit it. cosplay itu untuk senang-senang, mengekspresikan kecintaan kita terhadap karakter. Tapi jangan lupakan kita ada di Indonesia, negara yang berbudaya timur dan punya etika sosial. Walaupun cosplay itu dari Jepang, yang menganut budaya mix antara western dan eastern kita tetep harus ingat dimana kita hidup. Saya cuma mau warn kepada cosplayer yang baik fujoshi,fudanshi,hentaiers,dan lain lain. Emang sekarang yaoiers,yuriers,hentaiers,loli lovers dll sudah ga asing lagi di telinga otaku. Tapi, di dunia orang awam, MEREKA SAMA SEKALI GAK TAU (kecuali emang ada disorder sbg gay dan lesbian, sorry no hard feeling).Banyak cosplayer cewek yang suka croos-dress jadi cowok, ketemu crossdresser lainnya dan mereka janjian buat bikin photses yaoi. Oke aja kalo mereka potses di tempat tertutup (pribadi),fotonya aman-aman aja,di post privacy dalam bentuk album terbatas jadi ga keumbar di home. Karena bagi org yg ga suka yaoi,yuri atau hentai bakalan nanggepin foto itu dengan sinis dan jatohnya kalian bakalan kelihatan murah. Saya bukannya sok suci dalam menanggapi hal ini.

Saya suka hentai jujur aja. Tapi,sesukanya saya sama hentai, saya sebisa mungkin menghindari post frontal hentai di HOME. Karena saya menghormati hak hak pengguna lainnya. Dengan kita punya dunia sosial, kita bertanggung jawab menjunjung etika sosial.Coba bagi cosplayer yang masi sekolah, Ortu kalian mendukung (atau lebih parah ga dukung) hobi cosplay kalian, sekalinya udh dikasi kepercayaan buat cosplay, eh kalian malah potses hentai,yaoi,yuri dengan cosplay kalian trus di post dalam bentuk frontal no secure instead, ortu kalian pastinya kecewa dan parahnya lagi mungkin bakal ngelarang kalian cosplay lagi. Apalagi ini dunia maya, kemungkinan foto kalian di curi,di fake dan di macem-macemin org luar itu sangat besar. So, keep your self on the right track. Sekalinya udh ketagihan banget poses sensual, gada salahnya kan nge private album nya?

Yang saya tekankan dr semua hal diatas adalah, mari kita sebagai sesama cosplayer saling menghormati hak masing masing. Cosplay is for fun, but it isn't means we forgot about non-writted rules.

Come with peace, leave with peace too.Comment and sharing. No junks.

Warmly best regards



Youran
jkt,11-4-2012



PS : thanks berat bwt yang nge like dan komen positif nya kak akihi,kak usa,kak annami,ko john,mas dave,widianto,dll :) makasii ya ku kira bakalan komen negatif. love you guys. seneng punya temen berpikiran luas kayak kalian.semoga coser Indonesia makin maju amiin :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar