Kamis, 14 Agustus 2014

Pulau Harapan buat yang jadi korban PHP

Jadi *tarik nafas dalem dalem*
HELLO BLOGGER!!
buset deh udah hampir dua bulan sejak post gue terakhir! Nope, ini bukan karena semangat nulis gue lagi drop banget atau apa tapi gue ada kendala sama koneksi internet di rumah. And I swear to God buat lebih rajin lagi nge post.
Eniwei, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.
Minal Aidin wal Faidzin semua. Happy Ied Mubarak 1435 H :D

Gue mau cerita soal trip gue ke Pulau Harapan abis lebaran kemaren. Trip ini diketuai oleh Kak Tyo, temen gue dari instagram yang menjuluki dirinya ranger laut. Hahaha. Pulau Seribu emang udah jaadi bucket list tahun 2014 gue. Kemaren bulan Maret abis dari Cipir, Kelor, dan Onrust. Kak Tyo nge broadcast soal trip ini jauh-jauh hari sebelum lebaran. Eksekusi tanggal 30-31 Juli.

Gue menjaring temen gue Kak Rachel yang ngajak sodaranya juga Kak Febri. Semalem sebelum keberangkatan gue nginep di rumah Kak Rachel.

30 Juli 2014
Mata gue masih rada sepet pas taksi berangkat jam lima kurang dari Bintara, rumah Kak Rachel. Sopir yang kayaknya faham betul Jakarta lagi sepi menjadikan tolnya berasa jalan pribadi. Gue ngeliatin speedometer konstan di angka 120km/jam. Update di Path done trus chatting-chatting deh sama temen gue. Kita sampai di dermaga Muara Karang jam 5.20 pagi. Rekor gila Bekasi-Jakarta Barat 45 menit.

Sampe di dermaga, gue kira Kak Tyo udah sampe soalnya dia bilang meeting point di SPBU Muara Angke jam 5.30. Ternyata doi masih kejebak macet di pintu masuk Pasar Ikan Muara Angke. Emang tadi sempet ada antrian bongkar muat sih. Setelah ketemu Kak Tyo, masuklah kita ke dermaga. Rombongan terdiri dari 15 orang dan saling kenalan-kenalan lucu. Jadi rombongan teletabis harapan ini adalah gue, Kak Rachel, Kak Febri, Kak Tyo, Kak Rangga, Ai (pacar kak Tyo) dan temennya tiga orang, Kak Nyoman (aslinya gue gatau nama dia siapa tapi karena dia make topi khas Bali ya asumsiin aja gitu), Bang Natsir, Kak Tere, Kak Rina, Kak Abo, Kak Resnu!

udah semangat 45 hore-hore. kapal kita delay.......
Berasa lagi di bandara banget dah. Gabut ngeliatin sunrise sampe kepanasan sendiri di dek atas, mainan harmonika ampe kering, foto-foto, ngeledikin orang udah semua ampe bosen. Fyi, saat itu kan lagi high season ya jadi kondisi kapal penuh gitu.

Jam 7 lewat 15 menit baru kapal berangkat. Perlahan tapi pasti gradasi warna air berubah dari item butek jadi ijo zamrud kemudian biru jernih. Kapal melewati pulau pulau selatan yang sudah mulai kotor. Pulau Cipir, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, terusssss bergerak ke kepulauan tengah, Pulau Tidung, Untung Jawa. Setelah perjalanan 3 jam yang melelahkan dan kaki gue jadi sandaran orang-orang mabok laut, sampailah kita di Pulau Harapan! *buka kemeja, buang semua harapan palsu*

Dermaga depannya rame banget men. Panas banget men. Udah mau jam 12 men. Kerennya pulau-pulau di utara (kita biasa nyebutnya pulau atas karena posisinya jauh dari Jakarta) adalah dari dermaga aja airnya udah jernih banget. Kita bisa liat dasar laut dan terumbu karang yang nongol dan ngintip gitu. Pasirnya aja bersih banget gitu. Airnya asin banget gitu. Tapi sayang, gak lama mata memandang ada tumpukan ranting dan sampah yang diuruk di dekat dermaga. Hhhh....

Sampai homestay Baronang, kita istirahat sebentar, pembagian kamar, trus bersiap buat snorkeling sampe keling! Ini literally kita snorkle sampe keling men. Jam 12 siang sampe 6 sore jadwal kita snorkle. Hmm... Put on the bikini, cover up with sunblock, then off we go!